PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Edi Subkhan
Bahasan perkuliahan:
13 kelompok mahasiswa
1.
Konflik awal di tubuh umat Islam & lahirnya beberapa golongan
Pertanyaan: secara faktual di
tubuh Islam sekarang terdapat banyak golongan, kenapa ada banyak pendapat dalam
Islam? Kenapa ada NU dan Muhammadiyah dan lainnya, kenapa tidak jadi satu? Apa
yang menjadi penyebab perbedaan & perpecahan tersebut?
Jawab: Lihat sejarah pasca Nabi
Muhammad SAW di Madinah, dimulai dari sentimen keluarga hingga terbunuhnya
Khalifah Utsman dan ‘Ali. Lalu runut pada peristiwa Tahkim, munculnya Khawarij,
Syi’ah, dan embrio teologi Jabariyah.
Bagaimana sebuah kekhalifahan menggunakan satu mazhab teologi tertentu
(Jabariyah, Qadariyah). Peristiwa naiknya dinasti Abasiyah dan Andalusia.
2.
Syi’ah
Pertanyaan: Syi’ah selalu mengundang
perdebatan, saya pernah membaca jika tidak semua syi’ah saat. Menurut pandangan
saya, negara yang mayoritas syi’ah justru lebih menghargai wanita & ilmu
pengetahuan. Syi’ah itu sebenarnya seperti apa?
Jawabab: Berangkat dari sejarah
Tahkim muncul Syi’ah, baca referensi Asyarasytani dan beberapa referensi lain,
tentang Syi’ah Ismai’iyah dll. Sesatnya Syi’ah adalah ketika menuhankan Ali,
menyatakan wahyu salah sasaran, dan menghina serta melecehkan para sahabat Nabi.
3.
Sejarah NU, Muhammadiyah dan beberapa organisasi Islam lainnya
Pertanyaan: Di Indonesia sekarang ini
terdapat beberapa organisasi keislaman, antara lain NU, Muhammadiyah, HTI, di
Timur Tengah juga terdapat ISIS. Sebenarnya apa bedanya antara HTI dan Muhammadiyah?
Juga apa perbedaan Muhammadiyah dan LDII? Adakah kesamaannya?
Jawab: Pelajari sejarah NU,
Muhammadiyah, HTI, LDII, dan ISIS. Kemudian identifikasi perbedaan beberapa
organisasi tersebut di level (1) ideologi, (2) teologi, (3) ibadah (fiqh), (4) pemahaman
mengenai konsep politik Islam, dan (5) gerak politik Islam.
4.
Sejarah & konsep mazhab dalam Islam
Pertanyaan: Muhammadiyah & NU,
Muhammadiyah berpatokan pada Sunnah dan NU pada madzhab, ibadah itu sebenarnya
mengikuti madzab atau sunnah?
Jawab: Pahami dulu pengertian
Sunnah dan Mazhab dalam Islam dan fiqh. Mazhab itu juga penjaga & pengawal
Sunnah. Muhamadiyah juga bermazhab. Uraikan mengenai sejarah lahirnya
mazhab-mazhab dalam Islam, mulai dari mazhab teologi (As’ariyah, Wahaby,
Syi’ah) hingga fiqh (empat imam mazhab) dan tasawuf (tarekat-tarekat dan para
sufi).
5.
Islam Nusantara
Pertanyaan: Banyak di Indonesia ada
tradisi Kejawen, muncul juga wacana mengenai Islam Nusantara yang sering
dikatakan sebagai sesat, tidak sesuai agama Islam, lalu tanggapan kita dalam
menyikapi Islam Nusantara?
Jawab: Uraikan sejarah
Islam masuk ke Nusantara, Cheng Ho, Samudera Pasai, Wali
Songo, Demak, Pajang, Mataram Islam. Dakwah Wali Songo yang mengubah
substansi tradisi Jawa. Bedakan dengan Kejawen
yang banyak akarnya pada nilai-nilai Hindu-Budha dan agama-agama asli di Jawa. Apa
itu Islam Nusantara? Jawabannya dapat
dilihat dari beberapa referensi di kalangan NU yang mengulas mengenai Islam
Nusantara.
6.
Fiqh ibadah
Pertanyaan: Di Jawa ada tradisi,
kondangan, sebetulnya dalam Islam boleh tidak? Orang meninggal 7 hari, 40 hari,
100 hari, 1000 hari? Tradisi ini biasanya dilakukan oleh kalangan NU di Jawa.
Selain itu di lingkungan NU ketika shalat wajib niat, sedangkan Muhammadiyah niat
dianggap bid’ah? Bagaimana sebenarnya hukumnya?
Jawab: Pelajari niatnya,
doanya, & penjelasan mengenai membuat tradisi kebaikan dalam hitungan hari,
tanggal, dan sejenisnya. Uraikan dari ketentuan fiqh mengenai melafalkan niat
dalam ibadah, terutama shalat.
7.
Hakikat ikhtiar, do’a, dan syirik (nomor 7 & 8 dikerjakan oleh satu
kelompok)
Pertanyaan: Kalau ada masalah perlu
doa dan ikhtiar, ikhtiar? Apa dan bagaimana ikhtiar tersebut? Kyai yang
mengobati masyarakat, banyak anggapan seperti dukun, benar atau tidak anggapan
masyarakat itu?
Jawab: Pelajari konsep
mengobati, hakikatnya yang mengobati siapa, caranya sebaiknya bagaimana? Uraikan
juga tentang syirik, bagaimana hukumnya, dan ketentuan syari’atnya.
8.
Aqidah, budaya, & interaksi dengan non muslim (nomor 7 & 8
dikerjakan oleh satu kelompok)
Pertanyaan: Mualaf, ibunya masih
Budha, bolehkah mendoakan non muslim, termasuk orangtua yang beda agama?
Jawab: Konsep mendoakan orang
tua, non muslim.
Pertanyaan: Merayakan tahun baru?
haram atau tidak?
Jawab: Pelajari tentang
substansi yang dirayakan apanya? Niatnya apa?
Pertanyaan: Hukumnya menggucapkan
hari raya ke umat agama lain?
Jawaba: Jelaskan tentang konteks
dan niat mengucapkan selamat natal dan lainnya. Uraikan mengenai ketentuan
Islam dalam interaksi dengan non muslim.
9.
Nikah
Pertanyaan: Dalam masyarakat Jawa
sering ketika akan menikah dilakukan perhitungan untuk menentukan hari baik, nah
menurut Islam bolehkah, atau bagaimana? Hari baik menurut Islam seperti apa?
Jawaban: Jelaskan aktivitas
menghitung hari, apakah rasional, perhitungan tersebut dulunya berdasarkan
rasional, ilmu titen, ladunni, atau apa? Kalau dasarnya adalah mitos dan
takhayul maka tidak boleh.
Pertanyaan: Nikah beda agama, seseorang
masuk Islam agar cintanya diterima, lalu hukumnya bagaimana?
Jawaban: Nikah beda agama haram,
jelaskan pengertian wanita ahli kitab yang boleh dinikah. Kalau Cuma agar
diterima biasanya tidak akan bertahan lama.
Pertanyaan: Pernikahan beda agama
yang secara terpaksa direstui oleh kedua orangtua itu, orangtua berdosa atau
tidak? Harusnya bagaimana?
Jawaban: bagaimana hukum merestui
hal yang tidak diridloi oleh Allah?
10.Jilbab & fiqh wanita
Pertanyaan: Wanita pakai jilbab,
kelakuannya tanda kutip, haruskah melepas jilbabnya? Sebagai wanita dianjurkan
memakai jilbab, pada saat kapan tidak memakai jilbab? Hukumnya apa? Nunggu
hatinya dulu baru berjilbab? Sebaiknya duluan mana?
Jawaban: Pelajari tentang hukum
jilbab oleh beberapa pakar, jelaskan tentang tahapan berbuat baik, level ibadah
& level niat ibadah.
Pertanyaan: Shalat dijama’,
diqoshor, dan ada juga diqodlo, qodlo tidak untuk sholat wajib?
Jawab: Hukum meng-qodlo sholat
wajib? Pelajari tentang meng-qodlo sholat karena halangan, uzur, dan lainnya.
Pertanyaan: Dalam Islam ada beberapa
pendapat bahwa anak perempuan yang berhalangan tidak boleh memotong kuku, jika
sisiran rambut yang rontok harus disimpan, tidak boleh masuk ke masjid, terus
bagaimana pandangan dalam Islam yang sebenarnya?
Jawab: Uraikan konsep
kebersihan dan etika menghargai diri dalam Islam.
11.Islam dan dunia kerja
Pertanyaan: Bagaimana pandangan Islam
tentang orang yang bekerja di perbankan yang menurut sebagian orang haram?
Jawab: Pelajari hukum bekerja
di tempat yang disinyalir terdapat aktivitas haram. Jelaskan juga haramnya
Riba, bedanya bunga bank konvensional dan bank syari’ah. Selain itu uraikan
juga tentang konsep ekonomi Islam, bandingkan dengan konsep ekonomi kapitalis.
12.Tradisi berkumpul (nomor
12 dan 13 dikerjakan oleh satu kelompok)
Pertanyaan: Tiap malam selasa Kliwon
diselenggarakan mujahadah dan tamunya dari luar kota. Sebenarnya mujahadah itu
ada tuntunan dari Rasulullah atau tidak? Dan adakah hadits Rasulullah yang
menjelaskan?
Jawab: Pelajari tentang konsep
jihad, ijtihad, dan mujahadah. Uraikan juga mengenai substansi mujahadah apa
yang dilakukan?
13.Tawasul & ziarah (nomor
12 dan 13 dikerjakan oleh satu kelompok)
Pertanyaan: Terkadang saat acara
tahlilan para pemimpin doa menyertakan nama sesepuh daerah/desa. Sebenarnya
dalam Islam diperbolehkan atau tidak?
Jawab: Pelajari tentang konsep
dan sejarah tawasul.
Pertanyaan: Di kalangan NU
boleh ziarah ke makam wali, kenapa di lingkungan Muhammadiyah tidak
membolehkan?
Jawab: Hukum berziarah bagi
laki-laki, perempuan. Juga uraikan mengenai do’a untuk umat Islam yang sudah
wafat.
14.Islam rahmatan lil
‘alamin
Pertanyaan: ISIS berbasis Islam,
kenapa dalam penyelesaian pakai kekerasan, padahal dalam Islam dianjurkan untuk
tidak pakai kekerasan? Mengapa teroris mengaitkan bom bunuh diri dengan
jihad?Kenapa ISIS dibentuk? Apakah ingin memerkuat Islam atau merobohkan Islam?
Jawab: Pelajari konsep negara
Islam, khilafah Islamiyah ‘ala manhajin nubuwah, politik Islam, Islam dan
demokrasi, Pelajari model da’wah yang baik, billati hiya ahsan, Pelajari konsep
jihad
15.Respons Islam terhadap
peradaban Barat
Pertanyaan: bagaimana sebaiknya
respons umat Islam terhadap kemajuan peradaban Barat? Apakah perlu menutup
diri, terbuka, atau bagaimana?
Jawab: perlu membangun tradisi
keilmuan yang baik dan dapat menjadi tandingan bagi barat. Uraikan strategi
pengembangan keilmuan untuk umat Islam, bagaimana mengembangkan sistem
pendidikan dan/atau lembaga pendidikan Islam sebagai basis pembangunan
peradaban Islam.
16.Tanggung jawab
intelektual muslim
Pertanyaan: sebagai mahasiswa muslim
yang belajar di kampus modern, dengan beragam latar akademik, apa yang harus
dilakukan dan nilai-nilai Islam apa yang harus tetap dipegang oleh mahasiswa?
Selain itu hal-hal apa dan bagaimana dari ilmu-ilmu Islam yang harus selalu dipelajari
dan jaga oleh mahasiswa?
Jawab: perlu dikaji dan uraikan
peran dan posisi mahasiswa, juga karakteristik latar akademik masing-masing,
termasuk kondisi bidang keilmuan dan dunia kerja dari latar akademik mahasiswa,
baru kemudian diuraikan sikap dan strateginya ke depan.
17.Dosa dan ampunan Allah (tidak
perlu dikerjakan oleh mahasiswa)
Pertanyaan: Ada hadits “Allah tidak
akan mengampuni dosa orang yang berzina”, tapi guru saya pernah bercerita ada
PSK di padang pasir yang memberi minum anjing karena kasihan, setelah itu ia
masuk surga. Bagaimana dengan dosa zina yang ia lakukan apakah langsung
dimaafkan begitu saja atau bagaimana? Bagaimana dengan hadits tersebut, apakah
tidak digunakan?
Jawab: Terdapat cerita hikmah
yang tujuannya untuk menunjukkan pentingnya niat untuk hijrah dari perilaku
jahiliyah ke Islam dan keluasan maaf Allah pada hamba-Nya.
18.Pengalaman spiritual
(tidak perlu dikerjakan oleh mahasiswa)
Pertanyaan: Anggapan orang-orang Islam
mengenai mati suri? Jelaskan!
PEMBAGIAN KELOMPOK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KLOTER KE-2INGAT URUTAN MAJU UNTUK PRESENTASI SESUAI URUTAN NO KELOMPOK HARAP SEGERA SALING KOORDINASIKAN .
KELOMPOK 6
TEMA : 7. Hakikat ikhtiar, do’a, dan syirik DAN 8. Aqidah, budaya, & interaksi dengan non muslim
-DETI SISWATI ( 089637112933 ) FB : DETI SISWATI
-EKA JAYA ( 089668197179 )
-RIFKA ZULAIDAH ( 085741605329 ) FB : RIFKA ZULAIDAH
KELOMPOK 7
TEMA : 9. Nikah
-HERGIASRUM D.M ( 085740844764 ) FB : HERGI ASRUM
-USWATUN NUR AZIZAH ( 085742483586 ) FB : USWATUN NUR AZIZAH
-MOCHAMMAD ANDHANG ANDIYANA ( 085786761183 ) FB : ANDHANG ADIYANA
KELOMPOK 8
TEMA : 10. Jilbab & fiqh wanita
-WIWIT ANDRIATI ( 089696984315 ) FB : WIWIT ANDRIA
-PRITA SUCI RAHMADANI ( 08986461594 ) FB : PRITA SUCI RAHMADANI
-MUHAMMAD SAHRI
KELOMPOK 9
TEMA : 11. Islam dan dunia kerja
-NURYANTI ( 085712232317 ) FB : NURYANTI BALABALA
-FAFII ROCHMATILLAH ( 085786027186 ) FB : FAFII ROCHMATILLAH
-IQBAL VIKI ARDIYANSYAH FB : Iqbal Viki Ardiyansyah
KELOMPOK 10
TEMA : 12. Tradisi berkumpul DAN 13. Tawasul & ziarah
-KHUSNUL CHOTIMAH ( 085743106773 ) FB : KHUSNUL AL-DZIKRA
-ARISKA DARMA PUTRI ( 089667755953 ) FB : ARISKA
-MOH QOSIM NURSEHA , ( 081915165168 ) FB : MOHAMMAD QOSIM NURSEHA
KELOMPOK 11
TEMA : 14. Islam rahmatan lil ‘alamin
-WAHID NOER AZIZAH ( 085640424270 ) FB : WAHID N AZIZAH
-AGUNG PUJI LAKSONO ( PIN : 57566988 ) FB : AGUNG PUJI
-AMALIA MAHMUDAH ( 085740773370 ) FB : AMALIA MAHMUDAH
KELOMPOK 12
TEMA : 15. Respons Islam terhadap peradaban Barat
-INDRI MARLIANA S ( 085842210034 ) FB : INDRI MARLIANA S
-MOH MIRZA ARIEF HILMAWAN ( 085799233354 ) FB : MIRZA ARIEF HILMAWAN
-Wemma Fernanza Aushadyfa
KELOMPOK 13
TEMA : 16.Tanggung jawab intelektual muslim
-Muhammad Akbar Rozabi
-YUSRIL IHZA MAHENDRA ( 085712277735 ) FB : YUSRIL MAHENDRA
-HAMZAH DWI SETIAWAN
YANG BELUM ADA CPNYA BISA DITANYAKAN LANGSUNG KE PERTEMUAN SELANJUTNYA
MOHON BANTUANYA MENELITI KARENA MASIH SISA SATU MAHASISWA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar