Kamis, 10 Mei 2018

Materi Pembagian Kelompok


PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Edi Subkhan
Bahasan perkuliahan:
13 kelompok mahasiswa
1.     Konflik awal di tubuh umat Islam & lahirnya beberapa golongan
Pertanyaan: secara faktual di tubuh Islam sekarang terdapat banyak golongan, kenapa ada banyak pendapat dalam Islam? Kenapa ada NU dan Muhammadiyah dan lainnya, kenapa tidak jadi satu? Apa yang menjadi penyebab perbedaan & perpecahan tersebut?
Jawab: Lihat sejarah pasca Nabi Muhammad SAW di Madinah, dimulai dari sentimen keluarga hingga terbunuhnya Khalifah Utsman dan ‘Ali. Lalu runut pada peristiwa Tahkim, munculnya Khawarij, Syi’ah, dan embrio teologi Jabariyah. Bagaimana sebuah kekhalifahan menggunakan satu mazhab teologi tertentu (Jabariyah, Qadariyah). Peristiwa naiknya dinasti Abasiyah dan Andalusia.
2.     Syi’ah
Pertanyaan: Syi’ah selalu mengundang perdebatan, saya pernah membaca jika tidak semua syi’ah saat. Menurut pandangan saya, negara yang mayoritas syi’ah justru lebih menghargai wanita & ilmu pengetahuan. Syi’ah itu sebenarnya seperti apa?
Jawabab: Berangkat dari sejarah Tahkim muncul Syi’ah, baca referensi Asyarasytani dan beberapa referensi lain, tentang Syi’ah Ismai’iyah dll. Sesatnya Syi’ah adalah ketika menuhankan Ali, menyatakan wahyu salah sasaran, dan menghina serta melecehkan para sahabat Nabi.
3.     Sejarah NU, Muhammadiyah dan beberapa organisasi Islam lainnya
Pertanyaan: Di Indonesia sekarang ini terdapat beberapa organisasi keislaman, antara lain NU, Muhammadiyah, HTI, di Timur Tengah juga terdapat ISIS. Sebenarnya apa bedanya antara HTI dan Muhammadiyah? Juga apa perbedaan Muhammadiyah dan LDII? Adakah kesamaannya?
Jawab: Pelajari sejarah NU, Muhammadiyah, HTI, LDII, dan ISIS. Kemudian identifikasi perbedaan beberapa organisasi tersebut di level (1) ideologi, (2) teologi, (3) ibadah (fiqh), (4) pemahaman mengenai konsep politik Islam, dan (5) gerak politik Islam.
4.     Sejarah & konsep mazhab dalam Islam
Pertanyaan: Muhammadiyah & NU, Muhammadiyah berpatokan pada Sunnah dan NU pada madzhab, ibadah itu sebenarnya mengikuti madzab atau sunnah?
Jawab: Pahami dulu pengertian Sunnah dan Mazhab dalam Islam dan fiqh. Mazhab itu juga penjaga & pengawal Sunnah. Muhamadiyah juga bermazhab. Uraikan mengenai sejarah lahirnya mazhab-mazhab dalam Islam, mulai dari mazhab teologi (As’ariyah, Wahaby, Syi’ah) hingga fiqh (empat imam mazhab) dan tasawuf (tarekat-tarekat dan para sufi).
5.     Islam Nusantara
Pertanyaan: Banyak di Indonesia ada tradisi Kejawen, muncul juga wacana mengenai Islam Nusantara yang sering dikatakan sebagai sesat, tidak sesuai agama Islam, lalu tanggapan kita dalam menyikapi Islam Nusantara?
Jawab: Uraikan sejarah Islam masuk ke Nusantara, Cheng Ho, Samudera Pasai, Wali Songo, Demak, Pajang, Mataram Islam. Dakwah Wali Songo yang mengubah substansi tradisi Jawa. Bedakan dengan Kejawen yang banyak akarnya pada nilai-nilai Hindu-Budha dan agama-agama asli di Jawa. Apa itu Islam Nusantara? Jawabannya dapat dilihat dari beberapa referensi di kalangan NU yang mengulas mengenai Islam Nusantara.
6.     Fiqh ibadah
Pertanyaan: Di Jawa ada tradisi, kondangan, sebetulnya dalam Islam boleh tidak? Orang meninggal 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1000 hari? Tradisi ini biasanya dilakukan oleh kalangan NU di Jawa. Selain itu di lingkungan NU ketika shalat wajib niat, sedangkan Muhammadiyah niat dianggap bid’ah? Bagaimana sebenarnya hukumnya?
Jawab: Pelajari niatnya, doanya, & penjelasan mengenai membuat tradisi kebaikan dalam hitungan hari, tanggal, dan sejenisnya. Uraikan dari ketentuan fiqh mengenai melafalkan niat dalam ibadah, terutama shalat.
7.     Hakikat ikhtiar, do’a, dan syirik (nomor 7 & 8 dikerjakan oleh satu kelompok)
Pertanyaan: Kalau ada masalah perlu doa dan ikhtiar, ikhtiar? Apa dan bagaimana ikhtiar tersebut? Kyai yang mengobati masyarakat, banyak anggapan seperti dukun, benar atau tidak anggapan masyarakat itu?
Jawab: Pelajari konsep mengobati, hakikatnya yang mengobati siapa, caranya sebaiknya bagaimana? Uraikan juga tentang syirik, bagaimana hukumnya, dan ketentuan syari’atnya.
8.     Aqidah, budaya, & interaksi dengan non muslim (nomor 7 & 8 dikerjakan oleh satu kelompok)
Pertanyaan: Mualaf, ibunya masih Budha, bolehkah mendoakan non muslim, termasuk orangtua yang beda agama?
Jawab: Konsep mendoakan orang tua, non muslim.
Pertanyaan: Merayakan tahun baru? haram atau tidak?
Jawab: Pelajari tentang substansi yang dirayakan apanya? Niatnya apa?
Pertanyaan: Hukumnya menggucapkan hari raya ke umat agama lain?
Jawaba: Jelaskan tentang konteks dan niat mengucapkan selamat natal dan lainnya. Uraikan mengenai ketentuan Islam dalam interaksi dengan non muslim.
9.     Nikah
Pertanyaan: Dalam masyarakat Jawa sering ketika akan menikah dilakukan perhitungan untuk menentukan hari baik, nah menurut Islam bolehkah, atau bagaimana? Hari baik menurut Islam seperti apa?
Jawaban: Jelaskan aktivitas menghitung hari, apakah rasional, perhitungan tersebut dulunya berdasarkan rasional, ilmu titen, ladunni, atau apa? Kalau dasarnya adalah mitos dan takhayul maka tidak boleh.
Pertanyaan: Nikah beda agama, seseorang masuk Islam agar cintanya diterima, lalu hukumnya bagaimana?
Jawaban: Nikah beda agama haram, jelaskan pengertian wanita ahli kitab yang boleh dinikah. Kalau Cuma agar diterima biasanya tidak akan bertahan lama.
Pertanyaan: Pernikahan beda agama yang secara terpaksa direstui oleh kedua orangtua itu, orangtua berdosa atau tidak? Harusnya bagaimana?
Jawaban: bagaimana hukum merestui hal yang tidak diridloi oleh Allah?
10.Jilbab & fiqh wanita
Pertanyaan: Wanita pakai jilbab, kelakuannya tanda kutip, haruskah melepas jilbabnya? Sebagai wanita dianjurkan memakai jilbab, pada saat kapan tidak memakai jilbab? Hukumnya apa? Nunggu hatinya dulu baru berjilbab? Sebaiknya duluan mana?
Jawaban: Pelajari tentang hukum jilbab oleh beberapa pakar, jelaskan tentang tahapan berbuat baik, level ibadah & level niat ibadah.
Pertanyaan: Shalat dijama’, diqoshor, dan ada juga diqodlo, qodlo tidak untuk sholat wajib?
Jawab: Hukum meng-qodlo sholat wajib? Pelajari tentang meng-qodlo sholat karena halangan, uzur, dan lainnya.
Pertanyaan: Dalam Islam ada beberapa pendapat bahwa anak perempuan yang berhalangan tidak boleh memotong kuku, jika sisiran rambut yang rontok harus disimpan, tidak boleh masuk ke masjid, terus bagaimana pandangan dalam Islam yang sebenarnya?
Jawab: Uraikan konsep kebersihan dan etika menghargai diri dalam Islam.
11.Islam dan dunia kerja
Pertanyaan: Bagaimana pandangan Islam tentang orang yang bekerja di perbankan yang menurut sebagian orang haram?
Jawab: Pelajari hukum bekerja di tempat yang disinyalir terdapat aktivitas haram. Jelaskan juga haramnya Riba, bedanya bunga bank konvensional dan bank syari’ah. Selain itu uraikan juga tentang konsep ekonomi Islam, bandingkan dengan konsep ekonomi kapitalis.
12.Tradisi berkumpul (nomor 12 dan 13 dikerjakan oleh satu kelompok)
Pertanyaan: Tiap malam selasa Kliwon diselenggarakan mujahadah dan tamunya dari luar kota. Sebenarnya mujahadah itu ada tuntunan dari Rasulullah atau tidak? Dan adakah hadits Rasulullah yang menjelaskan?
Jawab: Pelajari tentang konsep jihad, ijtihad, dan mujahadah. Uraikan juga mengenai substansi mujahadah apa yang dilakukan?  
13.Tawasul & ziarah (nomor 12 dan 13 dikerjakan oleh satu kelompok)
Pertanyaan: Terkadang saat acara tahlilan para pemimpin doa menyertakan nama sesepuh daerah/desa. Sebenarnya dalam Islam diperbolehkan atau tidak?
Jawab: Pelajari tentang konsep dan sejarah tawasul.
Pertanyaan: Di kalangan NU boleh ziarah ke makam wali, kenapa di lingkungan Muhammadiyah tidak membolehkan?
Jawab: Hukum berziarah bagi laki-laki, perempuan. Juga uraikan mengenai do’a untuk umat Islam yang sudah wafat.
14.Islam rahmatan lil ‘alamin
Pertanyaan: ISIS berbasis Islam, kenapa dalam penyelesaian pakai kekerasan, padahal dalam Islam dianjurkan untuk tidak pakai kekerasan? Mengapa teroris mengaitkan bom bunuh diri dengan jihad?Kenapa ISIS dibentuk? Apakah ingin memerkuat Islam atau merobohkan Islam?
Jawab: Pelajari konsep negara Islam, khilafah Islamiyah ‘ala manhajin nubuwah, politik Islam, Islam dan demokrasi, Pelajari model da’wah yang baik, billati hiya ahsan, Pelajari konsep jihad
15.Respons Islam terhadap peradaban Barat
Pertanyaan: bagaimana sebaiknya respons umat Islam terhadap kemajuan peradaban Barat? Apakah perlu menutup diri, terbuka, atau bagaimana?
Jawab: perlu membangun tradisi keilmuan yang baik dan dapat menjadi tandingan bagi barat. Uraikan strategi pengembangan keilmuan untuk umat Islam, bagaimana mengembangkan sistem pendidikan dan/atau lembaga pendidikan Islam sebagai basis pembangunan peradaban Islam.
16.Tanggung jawab intelektual muslim
Pertanyaan: sebagai mahasiswa muslim yang belajar di kampus modern, dengan beragam latar akademik, apa yang harus dilakukan dan nilai-nilai Islam apa yang harus tetap dipegang oleh mahasiswa? Selain itu hal-hal apa dan bagaimana dari ilmu-ilmu Islam yang harus selalu dipelajari dan jaga oleh mahasiswa?
Jawab: perlu dikaji dan uraikan peran dan posisi mahasiswa, juga karakteristik latar akademik masing-masing, termasuk kondisi bidang keilmuan dan dunia kerja dari latar akademik mahasiswa, baru kemudian diuraikan sikap dan strateginya ke depan.  
17.Dosa dan ampunan Allah (tidak perlu dikerjakan oleh mahasiswa)
Pertanyaan: Ada hadits “Allah tidak akan mengampuni dosa orang yang berzina”, tapi guru saya pernah bercerita ada PSK di padang pasir yang memberi minum anjing karena kasihan, setelah itu ia masuk surga. Bagaimana dengan dosa zina yang ia lakukan apakah langsung dimaafkan begitu saja atau bagaimana? Bagaimana dengan hadits tersebut, apakah tidak digunakan?
Jawab: Terdapat cerita hikmah yang tujuannya untuk menunjukkan pentingnya niat untuk hijrah dari perilaku jahiliyah ke Islam dan keluasan maaf Allah pada hamba-Nya.
18.Pengalaman spiritual (tidak perlu dikerjakan oleh mahasiswa)
Pertanyaan: Anggapan orang-orang Islam mengenai mati suri? Jelaskan!
PEMBAGIAN KELOMPOK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KLOTER KE-2
INGAT URUTAN MAJU UNTUK PRESENTASI SESUAI URUTAN NO KELOMPOK HARAP SEGERA SALING KOORDINASIKAN .
KELOMPOK 6
TEMA : 7. Hakikat ikhtiar, do’a, dan syirik DAN 8. Aqidah, budaya, & interaksi dengan non muslim
-DETI SISWATI ( 089637112933 ) FB : DETI SISWATI
-EKA JAYA ( 089668197179 )
-RIFKA ZULAIDAH ( 085741605329 ) FB : RIFKA ZULAIDAH
KELOMPOK 7
TEMA : 9. Nikah
-HERGIASRUM D.M ( 085740844764 ) FB : HERGI ASRUM
-USWATUN NUR AZIZAH ( 085742483586 ) FB : USWATUN NUR AZIZAH
-MOCHAMMAD ANDHANG ANDIYANA ( 085786761183 ) FB : ANDHANG ADIYANA
KELOMPOK 8
TEMA : 10. Jilbab & fiqh wanita
-WIWIT ANDRIATI ( 089696984315 ) FB : WIWIT ANDRIA
-PRITA SUCI RAHMADANI ( 08986461594 ) FB : PRITA SUCI RAHMADANI
-MUHAMMAD SAHRI
KELOMPOK 9
TEMA : 11. Islam dan dunia kerja
-NURYANTI ( 085712232317 ) FB : NURYANTI BALABALA
-FAFII ROCHMATILLAH ( 085786027186 ) FB : FAFII ROCHMATILLAH
-IQBAL VIKI ARDIYANSYAH FB : Iqbal Viki Ardiyansyah
KELOMPOK 10
TEMA : 12. Tradisi berkumpul DAN 13. Tawasul & ziarah
-KHUSNUL CHOTIMAH ( 085743106773 ) FB : KHUSNUL AL-DZIKRA
-ARISKA DARMA PUTRI ( 089667755953 ) FB : ARISKA
-MOH QOSIM NURSEHA , ( 081915165168 ) FB : MOHAMMAD QOSIM NURSEHA
KELOMPOK 11
TEMA : 14. Islam rahmatan lil ‘alamin
-WAHID NOER AZIZAH ( 085640424270 ) FB : WAHID N AZIZAH
-AGUNG PUJI LAKSONO ( PIN : 57566988 ) FB : AGUNG PUJI
-AMALIA MAHMUDAH ( 085740773370 ) FB : AMALIA MAHMUDAH
KELOMPOK 12
TEMA : 15. Respons Islam terhadap peradaban Barat
-INDRI MARLIANA S ( 085842210034 ) FB : INDRI MARLIANA S
-MOH MIRZA ARIEF HILMAWAN ( 085799233354 ) FB : MIRZA ARIEF HILMAWAN
-Wemma Fernanza Aushadyfa
KELOMPOK 13
TEMA : 16.Tanggung jawab intelektual muslim
-Muhammad Akbar Rozabi
-YUSRIL IHZA MAHENDRA ( 085712277735 ) FB : YUSRIL MAHENDRA
-HAMZAH DWI SETIAWAN
YANG BELUM ADA CPNYA BISA DITANYAKAN LANGSUNG KE PERTEMUAN SELANJUTNYA
MOHON BANTUANYA MENELITI KARENA MASIH SISA SATU MAHASISWA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar